Air Zamzam - Syaamil Quran

Air Zamzam

Air Zamzam

air zamzam

Ya Tuhan, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanaman-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan (yang demikian itu) agar mereka melaksanakan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah mereka rezeki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS Ibrahim : 37)

Saat Nabi Ibrahim meninggalkan Siti Hajar dan bayi Ismail di sebuah tempat tanpa siapapun disana, lalu sang bayi Ismail menangis sesaat setelah Ibrahim pergi karena ia merasa kehausan. Sedangkan air yang dibawa pada kantong kecil tadi sudah habis.

Ismail pun terus menangis, tidak tega mendengar tangisan bayinya lantas Siti Hajar menyumbat telinganya, dia segera pergi mencari air. Mula-mula dia mendaki Bukit Shafa kemudian turun menuju Bukit Marwa. Dia bolak-balik melakukan perjalanan antara Shafa dan Marwa sebanyak tujuh kali.

Sesampainya di Bukit Marwa pada kali terakhir tiba-tiba dia mendengar suara yang berujar,”tolonglah jika ada kebaikan pada dirimu”. Ternyata suara itu adalah malaikat jibril. Jibril pun menghentakkan tumitnya di lokasi tempat sumur Zamzam sekarang berada, seketika air memancar dari perut bumi.

Kemudian Hajar menuju tempat tersebut dan menumpukkan pasir disekelilingnya untuk menjaga air sambil berteriak, “Zammazamma, zammazamma!” Yang artinya, berkumpulah.

Zamzam menurut bahasa Arab bermakna Al-Katsirah wal Itjimah yang artinya banyak, melimpah ruah. Nama Zamzam berasal karena airnya sangat berlimpah dan diyakini tidak akan surut selamanya.

Dalam hadits At Thabrani mengatakan: “sebaik-baiknya air di muka bumi adalah air Zamzam. Air tersebut menjadi minuman yang menyenangkan dan penawar rasa sakit. “Minum air Zamzam sesuai dengan niat menemuinya, bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga semoga Allah menghilangkannya.”

Air Zamzam juga memiliki keisitimewaan diantaranya sebagai obat dan penghilang dahaga, dapat menyenangkan perut, sebagai air minum dan berwudhu, sebagai kompres yang demam, sebagai bekal perjalanan.

Maka ketika para jamaah haji atau umrah pulang ke Indonesia mereka takkan pernah lupa untuk membawa air Zamzam.

Link Terkait