Bagaimana Jika Shalat di Tempat Nonmuslim?

doa

Salah satu keistimewaan yang diberikan Allah kepada umat Nabi Muhammad saw dan tidak diberikan kepada umat-umat terdahulu adalah dijadikannya bumi ini sebagai masjid (tempat beribadah) oleh Allah Swt. Sehingga hukum tanahnya suci dan menyucikan. Karena itu, dimanapun seorang muslim berada, dia bisa melakukan shalat.

Rasulullah saw. Bersabda, “Aku telah diberi lima perkara yang tidak diberikan kepada nabi lain sebelumku. Dijadikan tanah ini sebagai masjid dan sarana untuk bersuci. Dengan demikian, siapa pun yang mendapatkan waktu shalat, dia bisa segera melakukannya di mana pun dia berada.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Hal ini berbeda dengan agama samawi lainnya. Dalam masalah tempat ibadah, umat-umat terdahulu telah dikhususkan oleh Allah Swt. Mereka tidak boleh beribadah kepada Allah Swt. Kecuali pada tempat yang khusus dan telah ditentukan.

Simpulannya, terdapat kemutlakan tempat shalat bagi setiap muslim di manapun di atas bumi ini. Di dalam gereja sekalipun, shalat itu tidak terlarang selama niat dan caranya tidak bertentangan dengan aturan agama. Dalam sejarah, kita membaca bahwa Umar bin Khatab pernah akan melaksanakan shalat di dalam Gereja Bethlehem, tempat yang dianggap rumah ibadah bagi kaum Nasrani. Hanya karena tidak ingin melukai perasaan mereka sajalah, akhirnya beliau tidak jadi melaksanakan shalat di dalamnya dan kemudian mendirikan masjid tersendiri yang kini dikenal sebagai Masjid Umar.

Andai saja ada tempat tertentu yang dilarang untuk melakukan shalat, tempat itu adalah tempat yang najis dan kotor, seperti tempat pembuangan sampah, kandang binatang dan di tempat yang berbahaya.

(dikutip dari KH. Miftah Faridl. Ibadah Muslim Kosmopolitan. Arkanleema. 2009.)

About Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by WP Anti Spam