Berdo’a di Multazam - Syaamil Quran

Berdo’a di Multazam

Berdo’a di Multazam

Berdo’a di Multazam

Multazam adalah dinding Ka’bah yang terletak diantara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah disebut sebagai Multazam. Panjang Multazam sekitar dua meter. Tempat ini diyakini sebagai tempat yang paling mustajab untuk berdoa di sekitar Ka’bah.

Hal ini didasari dari hadist riwayat sahabat Abdullah bin Abbas, Bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda, “Multazam adalah tempat dikabulkannya do’a. Tak ada satupun do’a seorang hamba di Multazam kecuali akan dikabulkan.” (HR Ahmad)

Maka tak heran, ini adalah tempat yang lain diburu oleh para jamaah haji dan umrah setelah mengerjakan thawaf. Tak mudah untuk mencapai Multazam, karena disekeliling ka’bah dipenuhi jamaah. Setiap orang berusaha agar bisa mencapai tempat mustajab itu. Mereka berdoa dengan penuh kekhusyuan ketika berada di Multazam.

Namun tentang terkabul atau tidaknya doa itu tetap menjadi otoritas penuh Allah Swt. karena Dia yang paling mengetahui hal-hal yang baik bagi hambanya. Manusia hanya berikhtiar secara maksimal untuk memenuhi apa yang baik tersebut.

Selain bersimpuh dan berdoa di Multazam, jamaah pun berlomba menggapai pintu Ka’bah. Mereka memeluk rumah Allah Swt. itu sambil memanjatkan doa. Ada yang menangis, ada pula yang histeris.

Berada di Multazam sungguh terasa sangat nikmat. Pesona Multazam bagai magnet yang menarik setiap jamaah yang telah menyelesaikan thawaf untuk mendekatinya.

Link Terkait