Makam Rasulullah Saw. - Syaamil Quran

Makam Rasulullah Saw.

Makam Rasulullah Saw.

makam rasulullah

Salah satu tempat bersejarah di Madinah yang sering di kunjungi oleh para jamaah adalah Makam Rasulullah Saw. Lokasi makam Rasulullah Saw. ini berada di area Masjid Nabawi, Madinah.

Makam Rasulullah Saw. dulunya tidak berada di dalam masjid, namun ada di dalam rumah Aisyah. Makamnya berupa gundukan tanah setinggi dua jengkal. Saat Nabi meninggal ia dikuburkan dalam rumah Aisyah.

Dahulu rumah Nabi Muhammad Saw. dan Siti Aisyah terletak di luar kompleks Masjid Nabawi. Namun karena perluasan area masjid kini rumah tersebut berada di dalam kawasan Masjid Nabawi.

Makam yang berada di samping beliau adalah makam kedua sahabatnya, yaitu Abu Bakar Shiddiq dan Umar bin Khattab.

Ibnu SA’ad dari Urwah dan Qasim Ibnu Muhammad, keduanya berkata, “Abu Bakar memberikan wasiat kepada Aisyah agar dia dikebumikan di samping Rasulullah, maka ketika ajalnya tiba, dibuatkanlah sebuah lahad dan posisi kepala beliau sejajar dengan pundak Rasulullah Saw., lahadnya itu menempel dengan tempat disemayamkan Rasulullah Saw.

Kemudian saat itu Umar pun berharap untuk dimakamkan di samping makam Rasulullah Saw., hanya saja ia segan untuk mengutarakannya kepada Aisyah. Namun menjelang kematiannya, maka ia semakin gelisah dan meminta anaknya untuk meminta izin kepada Aisyah. “Dulu, aku menginginkan agar diriku yang dikubur di sini. Tetapi pada saat ini, Umar lebih aku utamakan daripada diriku sendiri.” (HR Bukhari dan Baihaqi)

Makam Rasulullah saat ini jjuga masih ditutup dan dibatase dengan pagar tinggi yang berhiaskan kaligrafi berwarna keemasan. Ada penjaga khusus yang disebut Askar yang berjaga di sekitar makam. Tugasnya adalah untuk mengingatkan jamaah yang berbuat hal-hal berlebihan atas makam nabi seperti menangis ataupun shalat di depan makamnya.

Link Terkait