Manfaat dan Keutamaan Puasa Syawal - Syaamil Quran

Manfaat dan Keutamaan Puasa Syawal

Keutamaan Puasa Syawal

syaamilquran.comPuasa syawal merupakan puasa yang dilakukan pada bulan Syawal, dikerjakan selama 6 hari lamanya. Hukum dari menjalankan puasa ini adalah sunnah, banyak keutamaan yang bisa didapat bila melaksanakan puasa di bulan syawal ini.

Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh,”   (HR Muslim)

 

keutamaan puasa syawal

 

Tata Cara Puasa Syawal

Maka dari itu, untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT maka kita dianjurkan untuk berpuasa enam hari di bulan syawal. Adapun tata cara puasa Syawal seperti berikut:

  1. Puasa sunnah Syawal dilakukan selama enam hari
  2. Dilaksanakan sehari setalah Idul Fitri atau pada bulan Syawal
  3. Dilakukan selama enam hari berturut-turut, namun tidak mengapa jika dilakukan tidak berurutan
  4. Usahakan untuk menunaikan qodho’ puasa terlebih dahulu agar mendapatkan ganjaran puasa Syawal yaitu puasa setahun penuh

Manfaat Puasa Syawal

Selain itu, melaksanakan puasa Syawal memiliki banyak manfaat, diantaranya :

  1. Puasa enam hari di bulan Syawal setelah Ramadhan, merupakan pelengkap dan penyempurna pahala dari puasa setahun
  2. Puasa Syawal dan Sya’ban bagaikan shalat sunnah rawatib, berfungsi sebagai penyempurna dari kekurangan, karena pada hari Kiamat nanti perbuatan wajib akan disempurnakan oleh perbuatan sunnah
  3. Membiasakan puasa setelah Ramadhan menandakan diterimanya puasa Ramadhan, karena apabila Allah Ta’ala menerima amal seorang hamba, pasti Dia menolongnya dalam meningkatkan perbuatan baik setelahnya
  4. Orang yang berpuasa Ramadhan akan mendapatkan pahalanya pada hari Raya ‘Idul Fitri yang merupakan hari pembagian hadiah, maka membiasakan puasa setelah ‘Idul Fitri merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat-Nya. Dan sungguh tak ada nikmat yang lebih agung dari pengampunan dosa-dosa. Maka dari itu, hal ini termasuk sebagian ungkapan rasa syukur seorang hamba atas pertolongan dan ampunan yang telah dianugerahkan kepadanya adalah dengan berpuasa setelah Ramadhan.
  5. Dan di antara manfaat puasa enam hari bulan Syawal adalah-amal-amal yang dikerjakan seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Tuhannya pada bulan Ramadhan tidak terputus dengan berlalunya bulan mulia ini, selama ia masih hidup.

Oleh karena itu, sebaiknya orang yang memiliki hutang puasa Ramadhan memulai membayarnya di bulan Syawal, karena hal itu mempercepat proses pembebasan dirinya dari tanggungan hutangnya.

Kemudian dilanjutkan dengan enam hari puas Syawal, dengan demikian ia telah melakukan puasa Ramadhan dan mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal.

 

 

Daftar Pustaka :

  1. https://madwahsisvo.wordpress.com/keutamaan-puasa-enam-hari-di-bulan-syawal/
  2. https://muslim.or.id/17782-tata-cara-puasa-syawal.html

Link Terkait