Maqam Ibrahim : Sang Pembangun Ka’bah - Syaamil Quran

Maqam Ibrahim : Sang Pembangun Ka’bah

Maqam Ibrahim : Sang Pembangun Ka’bah

maqam ibrahim

Maqam ibrahim adalah sebuah prasasti yang berbentuk kotak dengan dua lubang diatasnya. Lubang itu berbentuk pahatan yang mengikuti jejak kaki Nabi Ibrahim saat membangun baitullah, Ka’bah di Makkah Al-Mukarramah. Jadi, Maqam Ibrahim artinya tempat Nabi Ibrahim berdiri ketika membangun Ka’bah bersama anaknya yaitu Nabi Ismail.

Maqam Ibrahim saat ini diletakkan dalam rumah kaca di samping Multazam, Ka’bah. Siapapun yang berthawaf di Masjidil Haram dan berada dekat bangunan rumah Allah tersebut, ia akan bisa melihat Maqam Ibrahim.

Warna Maqam Ibrahim menyerupai warna perunggu, agak kehitam-hitaman. Cetakan kaki Nabi Ibrahim terbuat dari besi. Adapun rumah kaca sengaja dibuat untuk menghindari kerusakan prasasti jejak kaki sang pembangun Ka’bah, Nabi Ibrahim as.

Prasasti Maqam Ibrahim mengandung muatan sejarah yang tak ternilai. Jejak kaki Ibrahim menunjukan betapa Nabi Ibrahim membangun Ka’bah dengan tangannya sendiri. Batu-batu yang digunakan juga menunjukan betapa Nabi Ibrahim membangun Ka’bah dengan tangannya sendiri. Batu-batu yang digunakan juga bebatuan yang dibawa sang putra, Nabi Ismail.

Di atas makam yang ditandai dengan sebuah batu dari surga ini pula Nabi Ibrahim menyerukan manusia supaya datang menunaikan ibadah haji.

Menurut sejarah Islam, telapak kaki Nabi Ibrahim sangat mirip dengan telapak kaki Rasulullah Saw. Adapun bentuk jejak kaki di Maqam Ibrahim memiliki kedalaman yang berbeda. Satu bagian sedalam 10 sentimeter, sedangkan satu bagian lagi sedalam sembilan sentimeter.

Panjang jejak adalah 22 sentimeter, sedangkan lebarnya 11 sentimeter. Berdasarkan ukuran tersebut, ahli sejarah Islam Sheikh Mohd Tahir Al Kurdi memperkirakan, Nabi Ibrahim memiliki ukuran tubuh yang lebih kurang sama dengan kebanyakan manusia saat ini.

Sumber : Republika

Link Terkait