Membalas Perbuatan Baik dengan Mendoakanya - Syaamil Quran

Membalas Perbuatan Baik dengan Mendoakanya

Membalas Perbuatan Baik Dengan Mendoakanya

Di zaman sekarang sangat jarang ada orang tua yang membalas kebaikan anak atau muridnya dengan doa, padahal orang tua itu jangankan berdoa yang baik, kadang ada orang tua yang marah-marah pada anaknya, lalu keluar dari mulutnya sumpah serapah yang tidak baik diucapkan, hati-hati sering apa yang diucapkan seorang ibu terhadap anaknya cepat dikabulkan, jadi jangan diucapkan kata-kata yang kurang baik. Lebih baik selalu berdoa bila anak melakukan kebaikan ataupun keburukan. Jika Orang tua mau mendoakan anaknya setiap kali dia melakukan kebaikan, bukan pujian dan bukan hanya ucapan terimakasih, saya yakin anak akan menjadi luar biasa sesuai dengan doa orang tuanya.

Orang tua mendoakan anaknya tidak hanya ketika shalat, tetapi setiap kali anak melakukan kebaikan didoakan dengan baik dan bila anak melakukan perbuatan buruk juga harus didoakan yang baik, bukan memarahi dengan kata-kata yang tidak terpuji apalagi kutukan.

Diriwayatkan dari Aisyah r.a., dia berkata :” Pada Malam Pertama  setibanya Rasulullah Saw. di Madinah, beliau selalu terjaga (tidak tidur), lalu beliau mengatakan,”semoga  ada seseorang laki-laki yang shaleh dari para sahabatku mau menjagaku pada malam ini”:

Kata Aisyah : Ketika kami dalam keadaan demikian  itu maka kami mendengar suara senjata, lalu Rasulullah Saw. bertanya, ‘Siapa Ini?’ Orang itu menjawab ‘Sa’d bin Abu Waqqash’ Rasullah Saw. bertanya kepada Sa’d, ‘ada apa kamu datang kemari ?’ Kata Sa’d, ‘di dalam pikiranku  ada kekawatiran terhadap diri Rasululah Saw., maka aku datang untuk menjaganya, ”Kemudian Rasulullah Saw. Mendoakan Sa’d lalu beliau tertidur”

membalas perbuatan baik dengan mendoakannya

(HR.Muslim no.2410, Kitab Fadhailu Ash-Shabah Radhiyallahu Ta’ala Anhu, Bab Fi Fadhlu Sa’d bin Abi Waqqash Radhiyallahu’anhu  dan HR.Bukhari no 2885)

Link Terkait