Menikmati Bulan Dzulhijjah - Syaamil Quran

Menikmati Bulan Dzulhijjah

Menikmati Bulan Dzulhijjah

menikmati bulan dzulhijjah

Bulan bertabur berbagai kenikmatan munajat, ibadah dan amal shaleh. Inilah bulan yang hari-harinya disediakan oleh Allah Swt. untuk menyisir jalan dan kesempatan beramal shaleh yang bersifat tahunan. Inilah bulan yang sepuluh hari pertamanya merupakan hari-hari yang sangat mulia menebar berkah. Allah Swt. bersumpah dengannya dalam Al Quran, “Demi Fajar, dan malam yang sepuluh.” (QS Al Fajr : 1-2)

Kemuliaan sepuluh hari ini begitu terasa terutama bagi saudara-saudaara kita yang saat ini sedang bersiap lahir dan batin menuju tempat-tempat dan destinasi penting dalam Haji. Inilah bulan yang membumbung ke langit kalimat-kalimat tauhid. Gem talbiyah, tahlil dan tahmid.

Dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka datang dari segenap penjuru yang jauh, agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk merea dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Dia berikan kepada mereka berupa hewan ternak. Maka, makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sesngsara dan kafir.” (QS Al Hajj : 27-28)

Tidak ada satu amal shaleh yang lebih dicintai olehh Allah melebihi amal shaleh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi Saw. menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majjah)

Dzulhijjah bulan untuk musim ketaatan. “Adalah Rasulullah Saw., Sang Suri Tauladan, berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah.” (HR Abu Dawud no. 2437)

Sumber : republika

Link Terkait