Metode Pengobatan Menurut Rasulullah saw

ALLAH_A

syaamilquran.com

Ada tiga metode pengobatan yang diajarkan Rasulullah saw, yaitu:

  1. Pengobatan Ilahiah; pasien memanjatkn doa kepada Allah Swt untuk memohon kesembuhan karena semua penyakit datangnya dari Allah Swt dan kesembuhan semata-mata karena Allah Swt.
  2. Metode ilmiah; berdasarkan ilmu pengetahuan. Pada zaman Rasulullah saw., metode ilmiah yang terkenal adalah bekam. Bekam (al hijamah) adalah pengobatan yang dilakukan dengan cara membuang darah kotor yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, membuang racun dalam tubuh yang menjadi sumber berbagai penyakit, meluruskan tulang belakang sehingga gangguan kesehatan dapat diminimalkan serta membersihkan dan menyeimbangkan suhu dalam tubuh agar terjadi harmonisasi yang menyebabkan seseorang dapat hidup sehat. Pengobatan dengan bekam kini sudah dikembangkan sesuai kemajuan teknologi dan manfaatnya sudah diakui oleh para dokter di rumah sakit.
  3. Metode alamiah; menggunakan herbal atau tanaman obat sebagai pengobatan.

Salah satu obat yang dianjurkan Rasulullah saw. adalah madu. Rasulullah saw. bersabda, “Hendaklah kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Al Quran.”.

Pengobatan nabawi menggunakan obat-obat alami, yaitu tumbuh-tumbuhan yang mengandung satu atau lebih bahan aktif yang bisa dipergunakan untuk terapi suatu penyakit. Di Indonesia, banyak tanaman yang bisa dipergunakan untuk pengobatan seperti produk jamu.

Di samping pengobatan yang dicontohkan Rasulullah saw, di dunia ini juga berkembang pengobatan modern menggunakan bahan kimia. Obat dengan bahan kimia dapat menyembuhkan penyakit, tetapi juga dapat melemahkan antibodi yang ada di dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan penyakit baru. Oleh karena itu, kita harus membatasi obat yang berasal dari bahan kimia. Obat kimia hanya kita pergunakan apabila kita benar-benar memerlukannya. Di samping itu, obat kimia harus berasal dari barang yang halal. 

Sumber: Ust. M. Arifin Ilham & Hasan. MT. 101 Doa Penuntun Hidup Sukses .2008

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by WP Anti Spam