Obat Gelisah

Suatu ketika, datanglah kepada Ibnu Mas’ud seorang lelaki yang mengeluhkan kondisi kejiwaannya. Ia berkata, “Wahai sahabat Nabi, berilah nasihat yang dapat aku jadikan obat bagi jiwaku yang sedang resah gelisah. Dalam beberapa hari ini, aku merasa tidak tenteram, hatiku terasa sempit, jiwaku gelisah, dan pikiranku kusut, makan tak enak, tidur pun tak nyenyak.”

Ibnu Mas’ud pun menjawab,

”Kalau penyakit itu yang menimpamu, bawalah hatimu mengunjungi tiga tempat, yaitu tempat orang-orang yang membaca Al Qur’an, engkau baca Al Qur’an atau engkau dengarkan baik-baik orang yang membacanya; atau engkau pergi ke majelis ilmu (ke tempat pengajian) yang dapat mengingatkanmu kepada Allah; atau engkau cari waktu dan tempat yang sunyi, di sana engkau berkhalwat menyembah Allah, misalnya pada sepertiga malam terakhir pada saat orang-orang tengah terlelap dalam tidurnya, engkau bangun mengerjakan shalat malam, meminta dan memohon kepada Allah ketenangan jiwa, kejernihan pikiran, dan kemurnian hati. Seandainya jiwamu belum juga terobati dengan cara itu, mintalah engkau kepada Allah agar diberi hati yang lain. Sebab, hati yang kamu pakai itu bukan lagi hatimu.”

Orang itu pun segera pulang ke rumahnya, diamalkannya nasihat Ibnu Mas’ud tersebut dengan sungguh-sungguh. Dia segera mengambil air wudhu, diambilnya Al Qur’an, lalu ia membacanya dengan sepenuh hati. Setelah itu, hatinya menjadi lapang, kegelisahan berangsur pergi berganti ketenangan yang mulai merasuk, pikiran pun menjadi jernih kembali.

“Tidak ada kebaikan dalam ucapan kecuali delapan hal, yaitu: ucapan tahlil, takbir, tasbih, tahmid, permohonanmu terhadap kebaikan, perlindunganmu terhadap keburukan, seruanmu pada kebaikan dan laranganmu terhadap kemunkaran, serta tilawah Al Qur’an”

— Ar Rabi’ bin Khutsaim — 

Sumber: Tauhid Nur Azhar & Sulaiman Abdurrahim. 114 Kisah Nyata Doa-Doa Terkabul. Arkanleema. 2009.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by WP Anti Spam