» Pentingnya Pendidikan Dalam Islam

Pentingnya Pendidikan Dalam Islam

Pentingnya Pendidikan Dalam Islam

pendidikan

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang mencipitakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia. Yang mengajar (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS Al Alaq : 1-5)

Kata pertama Al Quran yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Saw. adalah baca. Baca dalam nama Tuhanmu. Allah Swt. meminta orang-orang beriman untuk membaca, mencari pengetahuan, merenungkan alam semesta serta keajaibannya, dan bersyukur.

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, ‘Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,’ maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, ‘Berdirilah kamu,’ maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Mujadalah : 11)

Maka Mahatinggi Allah, Raja yang sebenar-benarnya. Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa (membaca) Al Quran sebelum selesai diwahyukan kepadamu, dan katakanlah, ‘Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku.” (QS Taha : 114)

Sejak awal, Islam telah mendorong pembelajaran. Ini mendorong pada penelitian ilmiah, membuka lingkaran belajar, pemanfaatan sumber daya masyarakat, pendekatan pemecahan masalah, bercerita dan pendidikan gratis.

Pentingnya pembelajaran dalam Islam ini berdasar pada fakta bahwa Nabi Muhammad menjadikan pendidikan sebagai bagian integral dari Islam. Nabi Muhammad mendirikan Sesi Pengetahuan pertama di Dar’ul Arqam.

Dia akan duduk di masjid setelah shalat, teman-temannya berkumpul di sekelilingnya. Nabi Muhammad mengajari mereka tentang dasar-dasar Islam, pentingnya moralitas dan yang terpenting Keesaan Tuhan .

Nabi Muhamamd mengajarkan para siswa dalam syair pengetahuannya tentang ayat-ayat Al Quran. Tak hanya di tempat itu, Nabi Muhammad juga menekankan pemerataan pendidikan. Ia mengirim guru Al Quran ke komunitas-komunitas di luar Mekkah dan Madinah.

Menghafal dan memahami Quran menjadi pelajaran terpenting dalam pendidikan Islam. Selanjutnya umat Islam belajar dan menghafal hadits Nabi Muhammad Saw. Apa yang ia ajarkan, contohkan dan kebiasaan apa ia sering lakukan.

Sumber : khazanah.republika.co.id

Link Terkait