Ramadhanku yang Hebat di Kota Manchester, Inggris - Syaamil Quran

Ramadhanku yang Hebat di Kota Manchester, Inggris

Ramadhanku yang Hebat di Kota Manchester, Inggris

ramadhan ku yang hebat

Puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan Ramadhan memang bulan yang sangat dinanti, karena pahala yang berlipat ganda ketika seorang muslim melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadahan.

Indonesia adalah negara dengan mayoritas pemeluk agama Islam. Tentu saja sudah tidak terhitung lagi cerita tentang orang-orang yang berpuasa di negara Indonesia. Namun, yang menarik adalah bagaimana ketika mereka yang beragama Islam harus menunaikan Ibadah puasa di Negeri orang, yang mayoritas beragama non Islam.

Budi Waluyo, adalah salah satu orang yang mendapat kesempatan untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan di luar Negeri. Dalam artikelnya, ia menceritakan ketika Ramadhan keduanya di kota Manchester, Inggris.

Pada awal musim panas, jarak antara waktu imsak dengan berbuka kurang lebih 18 jam. Di musim panas, waktu siang lebih lama dari malam. Tek heran bila ada orang yang jogging pukul 9 malam karena masih terang benderang. Bedan dengan musim dingin dimana shalat subh saja jam 7 pagi.

Puasa pertama di sana dibuka dengan waktu imsak pukul 02,26 dini hari dan ditutup dengan waktu buka pukul 21.22 malam.

Di musim panas, waktu puasanya yang lama. Di musim dingin, waktu shalatnya yang sangat berdekatan. Tak jarang bila pas masuk kelas, waktu dzuhur belum masuk, dan ketika keluar kelas sudah masuk waktu ashar.

Oleh sebab itu, kita patut bersyukur hidup di Indonesia karena perubahan waktu relatif stabil. Waktu shalat dan puasa pun terasa hampir sama semua.

Ada hal lucu juga ketika berpuasa di Manchester. Yaitu perbedaan waktu yang bertolak belakang dengan Indonesia. Ketika masih berpuasa, di Indonesia sudah masuk jam berbuka. Tidak heran ketika Budi menuliskan “selamat berbuka” di akun Facebook nya, di Indonesia rekan-rekannya sedang sahur.

Sumber : Kompasiana

Link Terkait