Raudhah: Seperti Taman Surga - Syaamil Quran

Raudhah: Seperti Taman Surga

Raudhah: Seperti Taman Surga

raudhah

“Antara rumahku dengan mimbarku adalah Raudhah di antara taman-taman surga.” (HR Bukhari no. 1196)

Secara bahasa, “Raudhah” berarti taman. Raudhah merupakan salah satu ruangan di Masjid Nabawi yang banyak dimasuki jamaah untuk memanjatkan doa. Ia terletak diantara kamar Nabi dan mimbar untuk berdakwah.

Di dalam Raudhah terdapat enam tiang bersejarah, yaitu “Tiang Utusan” yang digunakan Nabi dahulu sebagai tempat menerima utusan yang datang. “Tiang Pegawai” tempat berdiriya para pengawal Nabi. “Tiang Tempat Tidur” yang merupakan tempat Nabi tidur selama i’tikaf.

“Tiang Abu Lubabah” yaitu tiang tempat Abu Lubabah mengikatkan diri karena menyesal telah membocorkan rahasia kepada orang yahudi. “Tiang Aisyah” yang diyakini ditunjuk Aisyah sebagai tempat Rasulullah mengimami shalat berjamaah. “Tiang Mukholaqah” tempat bersandar Nabi ke batang pohon kurma saat khutbah jum’at.

Luas Raudhah dari arah Timur ke Barat sepanjang 22 m dan dari Utara ke Selatan sepanjang 15 m. Luasnya yang hanya 144 meter persegi tak sebanding dengan jutaan jamaah yang berebut ingin masuk kesana.

Raudhah yang disebut dengan taman surga ini merupakan taman yang mulia, di mana beribadah di dalamnya menghadirkan rasa khusyu yang mendalam. Setiap doa yang dipanjatkan di dalamnya sangat mudah diijabahi. Sebagaimana taman yang selalu memberi rasa tenang dan rasa segar.

Penampakan dari luar, area Raudhah ditandai dengan kubah warna hijau. Untuk masuk Raudhah, pintu terdekat dari gate Babus salam atau gate jibril. Area Raudhah ditandai dengan karpet hijau. Membentang dari rumah Rasulullah Saw. (yang kini menjadi makam beliau) hingga ke mimbar.

Raudhah yang bersebelahan dengan makam Rasulullah Saw. ini merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa. Apapun doa yang dipanjatkan disana insyaaAllah dikabulkan.

Memang pahala yang dijanjikan itu sama, tetapi keyakinan bahwa berdoa di Raudhah itu bisa langsung didengar dan insyaaAllah dikabulkan Allah membuat sebuah tempat yang bernama Raudhah ini menjadi istimewa.

Link Terkait