Seribu Penghafal Al Quran akan Lahir dari Bogor

3

syaamilquran.com – Rumah Penghafal Al Quran Durunnafis di Kota Bogor, didirikan berdasarkan niat Ustadz Firman (39 thn) untuk berbagi dengan lingkungan sekitarnya, setelah beliau berhasil mendidik puteranya, M. Alvin Firmansyah (10 tahun), menjadi seorang penghafal Al Quran berikut terjemah dan letak ayatnya hingga 17 juz.

“Kebiasaan menghafal dan mengaji bersama di rumah kami bawa keluar. Beberapa kali, kami sempat mengadakan pelatian tahfidz (menghafal Al Quran) di beberapa tempat dan mengisi liburan anak. Ternyata respon orang tua bagus dan ada yang menyarankan untuk mendirikan tempat pelatihan. Maka, berdirilah Rumah Tahfidz Durunnafis,” jelas Ustadz Firman mengenai sejarah berdirinya Durunnafis.

Menurut Ustadz Firman, pola pendidikan di Durunnafis berbeda dengan rumah tahfidz pada umumnya yang melaksanakannya tiap hari. Di Durunnafis, konsep yang diterapkan adalah Petuah, Pesantren Sabtu-Ahad.

“Kalau diterapkan secara penuh, fokus setiap hari. Anak-anak akan jenuh. Dengan konsep petuah, anak-anak bisa memilih untuk belajar menghafal pada hari Sabtu atau Ahad, selama delapan jam, dari pagi sampai sore” ujar suami dari Shofia Nurmila (33 thn) ini..

Dalam setiap pertemuan, lanjut Ustadz Firman, setiap anak akan belajar hafalan sekaligus artinya. Menurutnya, hal ini dilakukan, karena anak-anak memiliki memori yang bagus untuk menghafal.

Anak-anak itu pinter. Jadi, kalau menghafal tanpa terjemahannya itu sayang sekali. Kalau sudah hafal Quran, nanti jadi kerja dua kali untuk menghafal artinya. Jadi, ini sekalian,” ujar Ustadz Firman.

Lebih lanjut, ayah empat anak ini menjelaskan, metode seperti itu mungkin berat, tapi sebetulnya tidak. “Dikatakan berat juga tidak, karena bertahap. Yang penting anak lancar dulu bacaannya. Kalau ayatnya familiar pasti rasa ingin taunya sangat tinggi. Alvin juga metodenya seperti itu,” papar Ustadz Firman.  

Dengan konsep Petuah, ditargetkan satu minggu satu lembar atau dua halaman, sehingga dalam satu tahun atau 48 minggu, anak-anak bisa hafal 48 lembar atau 5 juz.

Ditambahkannya, untuk hafal ayat Al Quran, standarnya 20 hingga 30 kali menghafal. Tapi kalau sampai membibir atau melantunkan secara spontan bisa 70 hingga 100 kali menghafal.

“Jangan pernah menyerah untuk menghafal. Ingat saja motivasinya, bahwa setiap satu huruf yang dibaca ganjarannya 10 kali. Bayangkan kalau diulang-ulang satu ayat hingga satu surat, pahalanya luar biasa,” tandasnya.

Kehadiran Rumah Tahfidz Durunnafis yang berdiri sejak Februari 2012, mendapat sambutan positif dari orang tua yang menitipkan anaknya untuk belajar di sana. Saat ini ada 70 anak-anak usia SD-SMP yang dilatih menghafal Al Quran. Mereka berasal dari Bogor, Jakarta, Bekasi, Sentul, juga dari sekolah negeri, Islam Terpadu, dan swasta.

“Kami berencana mencetak seribu penghafal Al Quran dan menyatukan setiap sekolah dengan membuka kesempatan bagi siapapun untuk bergabung belajar menghafal Quran di Durunnafis,” harapnya.

Terkait hal tersebut, Ustadz Firman mengungkapkan, untuk dapat mendukung cita-citanya tersebut, beliau membutuhkan lokasi yang permanen.

2

“Lokasi yang ditempati sekarang ini sebetulnya sudah ideal, karena terletak di dekat pintu masuk 2 Kebun Raya Bogor, sehingga akan banyak yang tertarik. Tetapi, kondisinya masih mengontrak, sehingga masih ada kemungkinan untuk disewa atau dibeli oleh pihak lain. Saat ini pun sudah ada pihak yang berminat membeli tanah dan bangunan  Durunnafis ini. Tapi masih tarik ulur antara  kami dengan pemiliknya,” tutur Ustadz Firman.

Menurut Ustadz Firman, jika dikembangkan, maka bangunan Rumah Tahfidz Durunnafis yang berada di atas lahan seluas 721 meter persegi  tersebut, akan dibangun tiga lantai, dengan setiap lantai menampung 350 hingga 400 anak, sehingga totalnya mencapai seribu anak yang belajar di sana

“Pemilik lahan memberi batas waktu hingga satu tahun mendatang, jika Rumah Tahfidz Durunnafis ingin tetap bertahan dan memperluas bangunannya,” ujar Ustad Firman.

Untuk itu, Ustadz Firman berharap ada donatur yang bersedia membantu untuk wakaf tanah dan bangunan Rumah Tahfidz Durunnafis, agar tempat tersebut menjadi permanen dan rencana melahirkan seribu penghafal Al Quran di Bogor bisa tercapai.

Bagi Sahabat Syaamil yang ingin menyumbangkan sebagian rezekinya untuk wakaf tanah dan bangunan Rumah Tahfidz Durunnafis yang permanen, bisa menghubungi Ustadz Firman di 081319943648. *** 

About Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by WP Anti Spam