Shalawat, Amalan Yang Baik Di Bulan Ramadhan - Syaamil Quran

Shalawat, Amalan Yang Baik Di Bulan Ramadhan

Shalawat, Amalan Yang Baik Di Bulan Ramadhan

shalawat

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan dan mustajab doa serta salah satu amalan yang baik di bulan ramadhan adalah bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, Shalawat secara bahasa merupakan bentuk jamak dari kata salla atau salat yang berarti: doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah. Sedangkan Shalawat menurut syar’i adalah pujian kepada nabi-nabi. Dalam

 “Sesungguhnya, Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.“ ( QS. Al-Ahzab : 56 )

Arti bershalawat juga dilihat dari pelakunya.

  • Apabila Shalawat itu datangnya dari Allah Swt maka berarti memberi Rahmat dan Kemuliaan kepada makhluk.
  • Apabila Shalawat itu datangnya dari malaikat berarti memberikan ampunan.
  • Sedangkan Apabila shalawat dari orang-orang beriman (jin dan manusia) maka berarti suatu doa agar Allah Swt memberi rahmat dan kesejahteraan kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarganya.

Shalawat juga berarti doa, baik untuk diri sendiri, orang banyak maupun kepentingan bersama. Sedangkan shalawat sebagai ibadah adalah pernyataan hamba atas ketundukannya kepada Allah Swt., serta mengharapkan pahala dari-Nya, sebagaimana yang dijanjikan Nabi Muhammad Saw., bahwa orang yang bershalawat kepadanya akan mendapat pahala yang besar, baik shalawat itu dalam bentuk tulisan maupun lisan (ucapan).

Bacaan Shalawat

Bacaan sholawat sangatlah banyak, seperti shalawat nariyah, shalawat munjiat, shalawat tibbil qulub dan sebagainya. Namun bacaan Shalawat yang singkat dan umum adalah :

“Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad” atau “Shollallahu ‘Ala Muhammad” atau “ Shollu ‘Ala Nabi”

Hukum Bershalawat

Mengenai Hukum membaca shalawat ini, ada beberapa pendapat dari para ulama. Ada yang mengatakan Wajib Bil Ijma, Wajib satu kali seumur hidup, ada juga yang mengatakan sunah. Namun yang paling masyhur adalah Sunnah Muakkad. Akan tetapi membaca shalawat dalam tasyahud akhir bacaan sholat adalah wajib karena itu termasuk dalam rukun sholat. Artinya sholat kita tidak akan sah tanpa bacaan shalawat.

Pentingya Shalawat

Ada banyak hadits yang menjelaskan masalah betapa pentingnya shalawat. Salah satu hadits yang membuat kita rajin membaca shalawat ialah: Rasulullah bersabda: “Siapa membaca shalawat untukku, Allah akan membalasnya 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan ditambah 10 derajat baginya.”

Makanya, marilah kita untuk senantiasa membaca shalawat dimanapun kita berada, minimal satu hari kita bisa membaca 300x. Syukur-syukur bisa lebih Alhamdulillah.

Pada Hadits lain juga dijelaskan “Barang siapa bershalawat kepada Nabi 10x di pagi hari dan 10x di sore hari maka ia berhak mendapat syafaat Nabi di hari kiamat.” (HR. Ath – Thabrani dan dinyatakan Basan As)

Bershalawat kepada Nabi juga merupakan salah satu sebab terkabulnya doa.

Jadi mari kita renungkan betapa pentingnya shalawat, apakah ada yang tidak mau bersama Rasululloh disurga-Nya. Maka mari kita terus berusaha untuk membuat Rosululloh bahagia dengan mengikuti sunnah– sunnahnya. Jangan punya pikiran, jika shalawat hanya harus menghadiri majelis-majelis saja, tapi dimanapun kapanpun bisa kita lantunkan shalawat Nabi Muhammad SAW.

Link Terkait