Ubay bin Ka’ab Paling Fasih Bacaan Al Quran - Syaamil Quran

Ubay bin Ka’ab Paling Fasih Bacaan Al Quran

Ubay bin Ka’ab Paling Fasih Bacaan Al Quran

ubay bin ka'ab

Ubay bin Ka’ab menjadi guru dari sahabat-sahabat utama dalam bidang Al Quran. Di antara murid beliau adalah Abdullah  bin Abbas, Abu Hurairah, Abdullah bin Saib, Abdullah bin Iyasy bin Abi Rabiah, Abu Abdurahman as-Sulami-radhiallahu ‘anhum jami’an. Selain Al Quran, Ubay juga meriwayatkan beberapa hadits dari Rasulullah Saw., di antaranya :

Diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari dengan sanadnya dari Suwaid bin Ghaflah, ia berkata, “Aku bertemu degan Ubay bin Ka’ab. Ia mengatakan, ‘aku menemukan sebuah kantong yang berisikan seratus dinar. Kemudian aku menemui Nabi. Beliau bersabda,’Umumkanlah selama setahun’. Aku pun mengumumkannya selaama setahun. Namun tidak ada yang mengakuinya. Kemudian kutemui lagi Nabi. Beliau bersabda, ‘Umumkanlah selama setahun’. Kuumumkan setahun, namun tak juga ada yang mengakuinya. Kemudian kutemui lagi beliau untuk yang ketiga kalinya. Beliau bersabda, ‘Jaga wadah, Jumlah, dan Pengikatnya. Jika pemiliknya datang (berikan). Jika tidak, gunakanlah’. Aku pun menggunakannya.” (HR Bukhari)

Ubay bin Ka’ab  memotivasi kaum muslimin untuk serius mempelajari bahasa Arab. Beliau mengatakan, “Pelajarilah bahasa Arab, sebagaimana kalian mempelajari menghafal Al Quran.

Ia juga mengajarkan agar kaum muslimin mengedepankan Allah Swt. dari segala hal. Diantara pesannya adalah:

Tidaklah seorang hamba meninggalkan sesuatu yang motivasinya hanya karena Allah. Pasti Allah akan menggantikan sesuatu yang lebih baik untuknya dari jalan yang tidak ia sangka. Tidaklah ia meremehkan sesuatu yang tak pantas itu, ia ambil dengan cara yang tak selayaknya, pasti Allah akan datangkan sesuatu yang lebih buruk untuknya.”

Sumber : kisahmuslim.com

Link Terkait